Senin, 18 April 2011

Kesabaran

TwitThis
Dalam kehidupan ini pasti semua manusia pernah mengalami yang namanya senang, susah, ketawa, nangis, sumpek, suntuk, bosen, dan lain-lainnya. Dalam menghadapi semua itu dibutuhkan kesabaran agar hidup kita tetap masih bisa berjalan dengan tenang, tidak grusah grusuh. Apapun yang kita peroleh harus diterima dengan sabar seperti musibah, cobaan, ujian, bahkan jika kita menerima kenikmatan kita harus sabar. 

Apa sich sabar itu??? Sabar dapat diartikan ridha, tenang, teguh, dan yakin.Dalam hal ini sabar bukan berarti diam dan menyerah. Namun, harus tetap disertai dengan usaha. Rasulullah saw adalah orang yang paling sabar dan selalu sabar, tetapi beliau tetap berperang, tenang saat menghadapi tekanan, dan yakin bahwa kemenangan akan dicapai.

Amru bin Usman mengatakan, bahwa sabar adalah keteguhan bersama Allah, menerima ujian dari-Nya dengan lapang dan tenang. Hal senada juga dikemukakan oleh Imam Al-Khawas, “Sabar adalah refleksi keteguhan untuk merealisasikan Al-Qur’an dan sunnah. Sehingga sabar tidak identik dengan kepasrahan dan ketidakmampuan. Rasulullah saw. memerintahkan umatnya untuk sabar ketika berjihad. Padahal jihad adalah memerangi musuh-musuh Allah, yang klimaksnya adalah menggunakan senjata (perang).” [Sumber: Dakwatuna.com]

Kenapa dalam menerima kenikmatan kita harus sabar??? Banyak sekali diantara kita dikala menerima kenikmatan pasti akan terbuai dengan kenikmatan itu. Nah, dalam hal ini kita harus menerapkan yang namanya sabar. Sabar dalam artian kita tetap mempertahankan hubungan kita dengan siapa yang memberi kita kenikmatan itu, tidak lain adalah Allah SWT.

Dalam menerima kenikmatan saja kita diharuskan bersabar apalagi dalam menghadapi ujian dan cobaan yang diberikan Allah SWT kepada kita. Allah SWT telah berfirman yang artinya " Dan sungguh Kami akan berikan cobaan kepadamu dengan sesuatu dari rasa takut, lapar, kurang harta, jiwa (kematiannya), dan buah-buahan. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.” (Q.S. al_Baqarah: 155)

Sesungguhnya Allah bersama dengan orang-orang yang sabar, seperti yang disebutkan dalam ayat Al-Quran yang artinya "Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar."(QS. Al Baqarah:153)  

Dalam menjalani hidup ini pasti penuh dengan perjuangan. Tapi kita tidak perlu takut dan ragu jika kita selalu memiliki kesabaran, karena Allah bersama orang-orang yang sabar. Dan yakinlah bahwa Allah pasti menolong kita.

Semoga kita tergolong dalam orang-orang yang sabar dan selalu mendapat pertolongan dari-Nya. Amin ya robbal alamin.....

 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered By Blogger
Powered By Blogger

Twitter Blog Templates © Copyright by ikajannah | Template by BloggerTemplates | Blog Trick at Blog-HowToTricks