Selasa, 26 April 2011

Pelangi

TwitThis


Pelangi pelangi
alangkah indahmu
merah kuning hijau 

di langit yang biru

Pasti semuanya tahu donk lagu itu..

Pelangi yang juga disebut bianglala adalah gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit atau medium lainnya. Di langit, pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon pada suatu saat hujan ringan. Pelangi juga dapat dilihat di sekitar air terjun yang deras.

Pelangi biasanya muncul setelah hujan reda. Fenomena pelangi ini terjadi karena adanya proses pembiasaan  dari sinar matahari ketika hujan.  Pelangi merupakan satu-satunya gelombang elektromagnetik yang dapat kita lihat yang terdiri dari beberapa spektrum warna. 

Warna putih cahaya matahari sebenarnya adalah gabungan dari berbagai cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda-beda. Mata manusia sanggup mencerap paling tidak tujuh warna yang dikandung cahaya matahari, yang akan terlihat pada pelangi: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.


Panjang gelombang cahaya ini membentuk pita garis-garis paralel, tiap warna bernuansa dengan warna di sebelahnya. Pita ini disebut spektrum. Di dalam spektrum, garis merah selalu berada pada salah satu sisi dan biru serta ungu di sisi lain, dan ini ditentukan oleh perbedaan panjang gelombang.
Pelangi tidak lain adalah busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Ketika cahaya matahari melewati butiran air, ia membias seperti ketika melalui prisma kaca. Jadi di dalam tetesan air, kita sudah mendapatkan warna yang berbeda memanjang dari satu sisi ke sisi tetesan air lainnya. Beberapa dari cahaya berwarna ini kemudian dipantulkan dari sisi yang jauh pada tetesan air, kembali dan keluar lagi dari tetesan air.

Cahaya keluar kembali dari tetesan air ke arah yang berbeda, tergantung pada warnanya. Warna-warna pada pelangi ini tersusun dengan merah di paling atas dan ungu di paling bawah pelangi.













 Dalam fenomena pelangi juga ada yang dinamakan pelangi api. Fenomena di atmosfer yang dikenal sebagai sebuah busur circumhorizon atau kebanyakan orang menyebutnya pelangi api api ini sebenarnya merupakan busur bukan pelangi.
Pelangi api terlihat saat matahari sedang tinggi di langit, dan cahayanya menembus
melalui awan-awan tinggi cirrus yang sangat terang yang terbentuk dari
kristal-kristal heksagonal. Sinar matahari yang memasuki permukaan
vertikal kristal-kristal dan meninggalkannya melalui permukaan bawahnya
dibiaskan dan dipisahkan menjadi array warna-warna yang bisa dilihat.
Saat kristal-kristal di awan-awan cirrus itu segaris secara optimal
(misal dengan permukaan-permukaan yang paralel dengan daratan), hasilnya
memperlihatkan suatu spektrum brilian dari warna-warna sebuah pelangi.






dari berbagai sumber

   

1 komentar:

Ratna Nila Permana mengatakan...

artikel ini cukup bagus...menjelaskan tentang arti pelangi dan proses terjadinya pelangi..
gambar-gambarnya juga mendukung.
pelangi memang mampu memunculkan pemandangan alam yang sangat menarik untuk dinikmati dengan pandangan mata kita, bentuknya bagaikan busur dilangit namun pelangi hanya bisa dinikmati dikala terjadi hujan dan sinar matahari masih cerah tanpa terhalang/tertutup oleh awan dan kita bisa melihatnya dari arah yang berlawanan..
untuk selebihnya materi ini cukup bagus.
terima kasih ^_^

Posting Komentar

 
Powered By Blogger
Powered By Blogger

Twitter Blog Templates © Copyright by ikajannah | Template by BloggerTemplates | Blog Trick at Blog-HowToTricks